Telah Terbit: Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital

Telah terbit! Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital yang ditulis oleh Kristiurman Jaya Mendrofa, SE., MM. dan Alwinda Manao, SE., MM. Buku yang dapat digunakan sebagai buku pelajaran atau pendukung untuk mata kuliah manajemen pemasaran dan digital marketing ini disusun secara komprehensif dan aplikatif sebagai upaya untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan para pembaca buku ini, baik pembaca dari kalangan masyarakat umum maupun para pelaku bisnis dan mahasiswa yang sedang mempelajari bidang pemasaran digital.

Profesor Dr. Ir. Hapzi Ali, MM., CMA., MPM. yang merupakan guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sekaligus dosen salah satu penulis ketika mengenyam pendidikan di tingkat magister di Universitas Mercu Buana berkenan mereview buku ini dan memberikan kata pengantar. Dalam kata pengantarnya, Prof Hapzi memberikan catatan tentang buku ajar ini yakni:

Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek pemasaran digital, mulai dari SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran email, mobile marketing, periklanan digital, analisis data sampai pada kegiatan branding. Setiap bab disajikan dengan pendekatan yang praktis, dilengkapi dengan soal latihan yang akan membantu pembaca dalam memahami konsep dan menerapkannya dalam situasi nyata.

Buku ajar setebal 170 halaman (ukuran 15,5x23 cm) ini dilengkapi dengan analisis instruksional serta soal-soal latihan di akhir setiap bab. Untuk membantu pembaca dalam memahami istilah-istilah yang berhubungan dengan teknologi informasi, maka buku ini dilengkapi dengan glosarium yang ada di bagian akhir buku. Buku yang terbit pada bulan Juni 2024 ini terdiri dari 14 bab, dengan rincian:

  • Bab I: Pendahuluan
  • Bab II: Strategi Pemasaran Digital
  • Bab III: Penelitian Pasar Digital   
  • Bab IV: Perencanaan Konten Digital
  • Bab V: Optimasi Mesin Pencari (SEO)
  • Bab VI: Periklanan Online
  • Bab VII: Media Sosial
  • Bab VIII: Pemasaran Email
  • Bab IX: Analisis Web dan Kinerja Kampanye
  • Bab X: E-Commerce dan Pemasaran Produk
  • Bab XI: Mobile Marketing
  • Bab XII: Pengaruh dan Endorsement Digital  
  • Bab XIII: Pembangunan Merek Digital
  • Bab XIV: Etika dan Hukum Dalam Pemasaran Digital


SINOPSIS

Di era disrupsi yang ditandai dengan perubahan masif yang mendasar, cepat, dan kadang tidak pasti, pemasaran digital telah menjadi kunci utama dalam strategi bisnis perusahaan. "Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital" ini disusun sebagai panduan komprehensif untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen pemasaran dalam lingkup digital. Buku ini membahas konsep-konsep teoritis yang dikombinasikan dengan aplikasi praktis, ditujukan bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi yang berkeinginan untuk menguasai dinamika pemasaran digital. Buku ini terbagi dalam beberapa bab yang sistematis, mulai dari pengenalan dasar tentang pemasaran digital, analisis pasar digital, strategi konten, pemasaran media sosial, email marketing, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), analitik web, hingga manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management/CRM) di lingkungan digital.  

Judul: Buku Ajar Manajemen Pemasaran Digital
Penerbit: PT Media Penerbit Indonesia
Pengarang: Kristiurman Jaya Mendrofa, S.E., M.M., Alwinda Manao, S.E., M.M.
Tahun: 2024
ISBN: 978-623-8649-52-5 (dapat dicek di website Perpustakaan Nasional RI, klik di sini)

About Kris Mendrofa

Lecturer. Blogger. Technopreneur. Traveller.

0 komentar:

Posting Komentar